Welcome to my blog ➡ Hanimasnurhutama.blogspot.com

Sabtu, 15 Juni 2013

7 Sungai Terpanjang di Indonesia

berikut di bawah ini merupakan 7 sungai terpanjang di indonesia :

Sungai Bengawan Solo
Sungai bengawan solo ini adalah sungai yang terpanjang yang terletak pada pulau jawa. Sungai ini memiliki panjang hingga 548 Km. Hulu dari sungai ini terletak pada daerah pegunungan kidul, wonogiri – jawa tengah dan sungai ini bermuara di Gresik – jawa timur.

Sungai Mamberamo
Sungai Mamberamo ternyata adalah sungai yang terpanjang yang terletak di papua, dengan panjang sungai ini hingga 670 Km. Sungai ini berada pada Kabupaten Sarmi. Ternyata sungai ini berpotensi dalam memberikan listrik bertenaga air yang terbesar di Indonesia dan pula bio etanol yang melimpah ruah.

Sungai Musi
Sungai Musi yang terkebal sebagai Batanghari Sembilan, yang membunyai arti Sembilan Sungai Besar. Panjang sungai ternyata mencapai hingga 750 km dan memjadi pembatas dari Provinsi Sumatera Selatan dari arah timur ke barat dan termasuk membatasi kota Palembang.

Sungai Bangtahari
Sungai Bangtahari adalah sungi terpanjang yang terletak pada pulai sumatra dengan panjanga yang mencapai 800 Km. Sungai ini berada pada provinsi jambi dan berpotensi dalam pesiar sungai.

Sungai Barito
Sungai Barito adalah merupakan sungai yang terpanjang ke 3 yang terdapat di Indonesia dengan panjang yang mencapai 900 km. Sungai ini terletak pada Provinsi Kalimatan Selatan. Yang menjadi hal unik dari sungai ini ternyata kegiatan pasar yang terapung.

Sungai Mahakam
Sungai mahakam ini terletak di Kalimantan samarinda. Panjang sungai ini mencapai 920 Km. Hulu dari sungai ini terletak pada Kecamatan Long Apari dan bermuara pada Selat Makassar. Dan juga terdapat hewan yang di lindungi yaitu lumba-lumba air tawar, tetapi sekarang sudah sulit untuk di temukan.

Sungai Kapuas
Sungai kapus atau yang lebih di kenal sebagai sungai batang lawai merupakan sungai terpanjang yang terpadat di indonesia. Sungai yang terletak pada provinsi kalimantan barat ternyata mempunyai panjang hingga 1175 Km.
dan merupakan urat nadi dalam kehidupan masyarakat sehari-hari terutama pada masyarakat Dayak dan Melayu yang berada di sepanjang dari aliran sungai kapuas.

0 komentar:

Posting Komentar