Welcome to my blog ➡ Hanimasnurhutama.blogspot.com

Senin, 10 September 2012

Makanan Yang Kaya Antioksidan


Apakah Anda sudah memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi mengandung antioksidan? Antioksidan banyak terdapat pada buah dan sayur, juga di beberapa makanan lain seperti kacang, biji-bijian, daging merah, daging unggas dan ikan.



Beberapa daftar di bawah ini menggambarkan sumber makanan yang kaya antioksidan, seperti dilansir www.cancer.gov:






1. Beta karoten
Beta karoten ditemukan pada beberapa makanan yang berwarna oranye, termasuk kentang manis, kantalop, labu, aprikot, squash dan mangga. Sejumlah sayuran berwarna hijau seperti bayam  dan kale juga mengandung beta karoten yang tinggi.

2. Lutein
Zat ini kerap dihubungkan dengan mata yang sehat, banyak terdapat pada makanan berwarna hijau, seperti bayam dan kale.

3. Likopen
Likopen adalah antioksidan kuat yang ditemukan pada tomat, semangka, jambu, pepaya, aprikot, grapefruit berwarna pink, jeruk merah dan makanan lain.

4. Selenium
Selenium adalah mineral, bukan nutrisi antioksidan. Namun demikian itu adalah komponen dari enzim antioksidan. Tanaman pangan seperti padi dan gandum merupakan bahan pangan yang kaya selenium. Jumlah selenium dalam tanah bervariasi di masing-masing negara, menentukan jumlah selenium yang dikandung tanaman yang ditanam di area tersebut. Hewan yang makan biji-bijian atau tanaman yang tumbuh di tanah yang kaya selenium memiliki kandungan selenium yang lebih tinggi pada ototnya.  Di AS, selenium didapatkan dari daging dan roti. Kacang Brazil juga mengandung selenium dalam jumlah tinggi.

5. Vitamin A
Vitamin ini ditemukan dalam tiga bentuk utama, yaitu retinol (Vitamin A1), 3,4-didehydroretinol (Vitamin A2), dab 3-hydroxy-retinol (Vitamin A3). Makanan yang kaya retinol adalah hati, kentang manis, wortel, susu, kuning telur dan keju mozzarella.

6. Vitamin C
Juga dikenal sebagai asam askorbat, ditemukan dalam jumlah melimpah pada beberapa buah dan sayur. Komponen ini juga ditemukan pada sereal, daging sapi, unggas dan ikan.

7. Vitamin E
Vitamin ini dikenal dengan sebutan alpha-tocopherol, yang banyak ditemukan pada almond, juga pada beberapa minyak misalnya minyak jagung, biji bunga matahari dan kedelai. Vitamin ini juga ditemukan pada mangga, kacang, brokoli dan sumber makanan lain.

0 komentar:

Posting Komentar