Welcome to my blog ➡ Hanimasnurhutama.blogspot.com

Senin, 08 Juli 2013

Pentingnya Asupan Cairan Bagi Tubuh

Asupan cairan bukan hanya pelepas dahaga yang begitu ekonomis, namun juga tersimpan rahasia sehat di dalamnya. Asupan cairan sangat dibutuhkan tubuh Anda setiap hari. Hal ini juga didukung oleh pernyataan seorang nephrologist dari Kaiser Permanente, Steven Guest, MD yang mengatakan bahwa cairan dalam tubuh berkurang seiring dengan penguapan pada kulit, pengeluaran urin, proses pernafasan, dan pengeluaran feses.
Tubuh Anda memerlukan cairan kapan pun terutama saat suhu udara sedang tinggi, banyak aktivitas fisik yang dilakukan, dan menginjak usia manula. Berikut ini ada beberapa hal yang menggambarkan betapa pentingnya air untuk tubuh.

 http://www.soylution.co.id/webroot/images/contents/img/Seberapa_Pentingkah_Asupan_Cairan_bagi_Tubuh.jpg

Menyeimbangkan Kalori
Jika cairan tubuh semakin terpenuhi, kalori Anda pun berada dalam keadaan seimbang. Di samping itu, kalori yang terbuang oleh cairan tubuh bisa berpengaruh pada berat badan. Maka, mencukupi asupan cairan tubuh bisa menjadi cara sehat menurunkan berat badan. Berat badan normal dan tidak berlebih juga akan menurunkan risiko terkena penyakit diabetes.

Menjaga Kesehatan Kulit
Saat tubuh terkena dehidrasi atau kekurangan cairan, maka kulit akan mudah sekali kering dan muncul keriput. Cukupnya cairan dalam tubuh akan menjaga kelembapan alami kulit, sekaligus memberikan rona sehat dan cantik.

Membantu Kinerja Organ Ginjal
Salah satu fungsi organ ginjal adalah untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Namun, hal ini bisa berlangsung dengan baik bila Anda pun memiliki cairan yang cukup dalam tubuh. Cukupnya cairan dalam tubuh dapat terlihat dari air urin yang berwarna terang dan tidak berbau nyengat serta mudah dikeluarkan. Jika tubuh terus menerus kekurangan cairan, maka resiko terkena batu ginjal akan semakin tinggi.

Melancarkan Pencernaan
Percernaan yang baik bisa dilihat dari seberapa lancar Anda buang air besar.  Tubuh yang memiliki cukup cairan akan memudahkan percernaan makanan hingga melancarkan pengeluaran feses. Tapi, bila Anda kurang minum, konstipasi atau sembelit bisa sering terjadi. Hal ini dikarenakan usus akan menyerap cairan dari feses untuk mengatasi dehidrasi, sehingga membuatnya mengeras dan sulit dikeluarkan.

Menjaga Kesehatan Otot
Apakah Anda sering merasa otot-otot tubuh Anda lemas? Hal ini bisa terjadi karena cairan tubuh tidak terpenuhi sedangkan aktivitas Anda cukup banyak. Ada baiknya bila Anda membawa botol minum saat berkativitas karena umumnya banyak cairan tubuh yang dikeluarkan melalui keringat.
Agar tidak melupakan pentingnya mencukupi asupan cairan tubuh, ada baiknya bila Anda membawa botol minum sendiri saat beraktivitas. Di samping itu penuhi terus cairan tubuh Anda, sekalipun Anda tidak merasa haus. Cukupi asupan cairan tubuh dengan 8 gelas dalam sehari.

0 komentar:

Posting Komentar