Welcome to my blog ➡ Hanimasnurhutama.blogspot.com

Kamis, 28 Maret 2013

AIR TERJUN PANTAI JOGAN



PESONA Pantai Jogan yang terletak di Desa Purwadadi, Kecamatan Tepus,  Kabupaten Gunungkidul tidak hanya menawarkan pemandangan ala pantai-pantai  dikawasan selatan dengan tebing-tebing yang kokoh. Keunikan pantai ini  memiliki air terjun dari mata air tawar setinggi 10 meter yang anehnya langsung jatuh ke laut. Pantai yang semula hanya terkenal sebagai kawasan wisata alternatif untuk memancing ini ternyata jika disusuri lebih lanjut menyuguhkan berbagai macam pemandangan yang elok.

Tidak sulit menuju Pantai Jogan yang mempunyai air terjun unik ini, karena letaknya tidak jauh dari Pantai Siung atau lebih tepatnya sebelum menuju pantai yang terkenal sebagai area panjat tebing tersebut. Dari pos masuk yang dijaga petugas retibusi tiket hanya berjarak setidaknya 500 meter dan akan ditemukan papan penunjuk arah di sebelah timur menuju Pantai Jogan.

Setelah berbelok ke arah menuju pantai tersebut, pengunjung akan melalui jalan setapak dan belum beraspal setidaknya 500 meter hingga sampai ke lokasi. Meski jalannya belum beaspal namun jalan tersebut aman dilalui kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat dengan kontur jalanan yang datar. 

Setelah tiba di area parkir yang cukup sempit, para pengunjung hanya tinggal perlu turun sedikit 2 meter ke bawah untuk dapat melihat air terjun tersebut dan mengabadikannya dengan lensa kamera. Bahkan pengunjung dapat dengan mudah berfoto di atas air terjun tersebut karena letaknya  hanya 5 meter dari area parkir dengan pemandangan Pantai Jogan yang indah dan 
tebing-tebing kokohnya.

Air terjun ini berasal dari sungai air tawar yang terletak tepat di atas tebing Pantai Jogan yang seolah-olah airnya terjun bebas ke laut. Meskipun air terjun ini tidaklah setinggi yang lain, namun keberadaan air terjun ini menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Jagon tersebut. Karena tidak hanya pemandangan laut lepas dan kemegahan 
tebing-tebingnya namun wisatawan juga akan dimanjakan dengan keindahan air terjun yang belum dinamai tersebut.

Meski wisatawan tidak bisa bermain dair layaknya di pantai-pantai pada umumnya karena Pantai Jogan merupakan pantai yang hanya dikelilingi tebing-tebing yang curam, namun pengunjung yang ingin  bermain air dapat bermain di sungai yang merupakan sumber air terjun tersebut. Apabila ingin mendapatkan gambar wisatawan cukup menuruni anak tangga tanah di tebing sebelah barat di dekat area parkir motor dapat dinikmati aliran air terjun yang sedikit menghadap timur. 

Jika ingin lebih lebih maksimal melihat pemandangan air terjun yang jatuh ke laut tanpa terhalang tebing, pengunjung dapat menyebrangi sungai sumber air terjun tersebut yang dangkal hingga dapat mengabadikan keseluruhan air terjun. Sebenarnya ada alternatif untuk turun ke tebing agar dapat melihat air terjun dari bawah karang sair air laut sedang surut, namun diperlukan ekstra keberanian dan kehati-hatian karena belum ada jalan turun dan harus memanjat dari tebing-tebing yang cukup menguji andrenalin kita.

Untuk masuk ke Pantai Jogan ini retribusi sudah satu paket dengan Pantai Siung yang masing-masing pengunjung hanya dipungut Rp 3000 per orang, sedangkan di pantai tersebut hanya akan dipungut biaya parkir Rp 1000 untuk motor dan Rp 2000 untuk mobil. Selamat berlibur dan menikmati sisi lain salah satu pantai di kawasan selatan Gunungkidul ini. (Fira Nurfiani)

Sumber : Krjogja

0 komentar:

Posting Komentar